Monday, December 10, 2018

Pendalaman Alkitab, Yesaya 51: 1-23

Perikop ini berisi beberapa nubuatan yang ditujukan kepada Israel dan bangsa-bangsa yang memusuhinya. Nubuatan ini dituliskan tidak berurutan, namun melompat dari satu topik ke topik lainnya.
Ayat 1-3 ditujukan kepada Israel. Terkhusus ayat 3 dikaitkan dengan kerajaan 1000 Tahun di mana pemulihan Zion, Gunung Tuhan yang ada di Yerusalem terjadi. Saat ini di sana masih penuh dengan kecamuk pertikaian dan perang, suatu kali kelak akan kembali penuh damai karena Tuhan Yesus yang memerintah. Apakah Tuhan juga memerintah rumah tangga, perusahaan, gereja dan organisasi Anda sehingga penuh damai? Yesaya 51:3, “Sebab TUHAN menghibur Sion, menghibur segala reruntuhannya; Ia membuat padang gurunnya seperti taman Eden dan padang belantaranya seperti taman TUHAN. Di situ terdapat kegirangan dan sukacita, nyanyian syukur dan lagu yang nyaring.”
Ayat 4-5  juga terkait dengan kerajaan 1000 tahun di mana Tuhan yang akan memerintah atas bangsa-bangsa. Di saat itulah bangsa-bangsa akan mengalami kualitas kepemimpinan Tuhan yang baik, adil dan benar. Yesaya 51:4-5, “Dalam sekejap mata keselamatan yang dari pada-Ku akan dekat, kelepasan yang Kuberikan akan tiba, dan dengan tangan kekuasaan-Ku Aku akan memerintah bangsa-bangsa; kepada-Kulah pulau-pulau menanti-nanti, perbuatan tangan-Ku mereka harapkan.”
Ayat 6 berbicara tentang lenyapnya langit yang lama dan bumi yang lama, namun jaminan keselamatan dari Tuhan untuk umat-Nya tetap berlaku, karena kepada mereka diberikan langit dan bumi yang baru. Hal ini terjadi setelah masa kerajaan Kristus 1000 tahun. Yesaya 51:6, “Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah ke bumi di bawah; sebab langit lenyap seperti asap, bumi memburuk seperti pakaian yang sudah usang dan penduduknya akan mati seperti nyamuk; tetapi kelepasan yang Kuberikan akan tetap untuk selama-lamanya, dan keselamatan yang dari pada-Ku tidak akan berakhir.”
Ayat 7-10 berbicara tentang ajakan Tuhan kepada umat-Nya untuk tidak takut kepada orang jahat yang menganiaya mereka, karena Tuhan akan membalas kejahatan mereka. Ayat 11-16 kembali memuat janji keselamatan bagi umat-Nya. Ayat 17 sampai akhir berbicara tentang bagaimana Tuhan akan menyudahi hukuman Allah atas Israel dan mengalihkannya kepada bangsa-bangsa yang jahat.

Pertanyaan Refleksi Pribadi:
Apakah yang Anda ketahui tentang Kerajaan 1000 tahun damai menurut konteks Yesaya 51:1-23? Jawab:

No comments: