Tuesday, November 20, 2018

YESAYA 41:8-20

Pendahuluan
Tuhan telah memilih Israel menjadi saluran berkat untuk melaksanakan janji penebusan yang telah dilakukan dengan leluhur bangsa Israel. Pemilihan ini menjadi alasan Israel tidak perlu takut. Israel disebut sebagai hamba Tuhan dan ini menyatakan hubungan yang didasari kasih dan kepercayaan.

Pembahasan
      Ayat 1-7 menjelaskan bahwa Allah adalah pribadi yang akan menuntun, menyertai dan memberikan kekuatan ketika orang percaya menghadapi masalah-masalah. Berhala-berhala sama sekali tidak berguna dan mengandalkan sesama merupakan hal yang sia-sia. Allah tidak ingin umat-Nya bergantung kepada berhala.

    Ayat 8-10 menjelaskan Allah menekankan umat-Nya agar menyadari bahwa mereka adalah umat pilihan. Umat Israel sebagai umat pilihan diperintahkan Allah agar tidak takut dan bimbang karena Allah menyertai mereka. Penyertaan Allah tidak dapat dibandingkan dengan apapun. Bahkan ada alasan lain agar Israel tidak takut dan tidak bimbang, yaitu Allah berjanji akan membuat malu musuh-musuh Israel (ayat 11-12). Selain Allah akan membuat musuh-musuh Israel merasa malu, Tuhan yang akan memegang tangan Israel (Allah sebagai pelindung Israel) dan menolong Israel (Allah sebagai penolong Israel), Israel sendiri digambarkan sebagai umat yang lemah, yaitu seperti cacing Yakub dan ulat Israel (ayat 13-14). Allah sebagai pribadi yang akan menguatkan Israel. Allah akan menguatkan Israel, sehingga Israel dijadikan seperti ‘papan pengirik yang tajam dan baru dengan gigi dua jajar’ dan akan mampu mengirik gunung dan menghancurkannya (ayat 14-15). Israel akan menghadapi situasi yang sulit, hal ini mengakibatkan umat Israel mengalami kesengsaraan. Namun, Tuhan akan membuat hal yang ajaib di luar apa yang mampu mereka pikirkan yaitu Tuhan akan membuat “mata-mata air membual di tengah-tengah daratan dan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering” (ayat 18). Tanaman-tanaman akan ditumbuhkan dan kemudian orang akan mengetahui bahwa Allah, adalah pribadi yang Mahakudus, yang menjadikan semua itu (ayat 19-20). Israel ditolong Tuhan dalam menghadapi kesulitan karena Allah yang menyertai dan menuntun.

Penerapan
      (1) Orang percaya harus hidup dalam penyerahan dan ketaatan total kepada Tuhan sebab Allah adalah pribadi yang dapat diandalkan; (2) Orang percaya harus meyakini bahwa Allah akan memberikan pertolongan tepat pada waktu-Nya, ketika umat-Nya mengalami kesulitan; (3) Orang percaya harus tetap setia kepada Allah, walaupun mengalami kesulitan sebab Allah berjanji memberikan pertolongan yang begitu ajaib.

No comments: