Wednesday, November 21, 2018

Yesaya 42:18-25

Kegagalan dan kebutaan Israel
Perikop ini berisi mengenai kegagalan dan kebutaan rohani dari Israel. Ternyata tidak semua orang yang mengaku percaya merupakan orang-orang yang taat dan setia kepada-Nya. Israel yang telah melihat banyak pekerjaan Tuhan yang ajaib tetap saja buta dan tuli rohani. Masih saja ada rasa tidak percaya dengan apa yang Tuhan sudah kerjakan melalui mereka. Oleh karena itu pada akhirnya Tuhan mengijinkan Israel dihantam oleh musuh-musuhnya.

Ay. 18-19 ~ Siapakah yang lebih buta dari Israel hambaKu? Siapakah yang lebih tuli dari utusan-Ku? (BIMK). Kebenaran ini memperingatkan kita bahwa sekalipun kita hamba Tuhan atau pelayan Tuhan atau sebagai utusan Tuhan, tiba-tiba kita bisa kehilangan Tuhan. Israel adalah bangsa yang dekat dengan Tuhan tapi mereka mengalami kebutaan dan tuli secara rohani. Karenanya seorang hamba perlu membangun hubungan setiap hari bersama Tuannya. Tidak cukup hanya mengalami mujizat, melihat hal-hal besar tapi hati tidak pernah terisi penuh dengan cinta-Nya Tuhan. Israel mengalami sebuah hal yang ironis karena sering melihat pekerjaan Tuhan tapi kehilangan Tuhan karena hati mereka keras.
Ay. 20 ~ You see many things, but do not pay attention. Your ears are open, but not any hears. (MKJV). Israel melihat banyak hal ajaib dari Tuhan tapi tidak memperhatikan. Hati bangsa Israel tidak benar-benar tertuju kepada Pribadi Tuhan. Telinga jasmani mereka mendengar kebenaran Tuhan tapi tidak benar-benar memperhatikan dan menyimpannya di dalam hati mereka. Inilah yang membedakan kualitas orang percaya apakah benar-benar memberi perhatian kepada Tuhan dan kebenaran-Nya.

Ay. 21 ~ The LORD is well pleased for His righteousness sake. He will magnify the Law and make it honorable. (MKJV). Tuhan ingin supaya Firman-Nya dihormati dan diagungkan. Dia ingin agar Firman-Nya menjadi perhatian umat-Nya dan dilakukan dengan kesungguhan hati. Inilah kesenangan Tuhan. Bangsa Israel melakukan yang sebaliknya. Meskipun telah melihat pekerjaan Tuhan yang ajaib tapi mereka tidak menghormati hukum-hukum Allah.

Ay. 24-25 ~ Ujungnya adalah ketika umat tidak berbalik dan bertobat maka Allah menyerahkan Israel kepada musuh. Jalan satu-satunya adalah kembali kepada Dia!

Sangatlah indah ketika orang-orang percaya kepada pemimpin mereka; dan lebih indah lagi ketika pemimpin percaya kepada orang-orangnya.

No comments: